·Produk pendidikan
yang ditawarkan didesain dalam sistem pendidikan terpadu yang diupayakan
memenuhi kebutuhan dan perkembangan zaman
·Dengan system
pendidikan yang diterapkan memungkinkan untuk memberikan pendidikan yang lebih
intensif
·Pembekalan pendidikan
yang mengacu kepada pengembangan potensi fundamental siswa
·Harga produk yang
terjangkau jika dibandingkan dengan sekolah sejenis yang lain
·Sekolah telah berdiri
cukup lama sehingga memiliki pengalaman yang lebih luas
Weakness
·Pra sarana yang tidak
disetting untuk bangunan sekolah usia
Opportunity
·Semakin tinggi
kesadaran orang tua akan pentingnya pendidikan bagi anak-anak pra sekolah
·Semakin diminati
sistem pendidikan intensif bagi anak-anak usia dini
Threat
·Banyak pendidikan
sejenis dengan menawarkan fasilitas yang berimbang/lebih banyak
2.Profitability
and Productivity
Strength
·Pelaksanaan kegiatan
operasional dan pengelolaan dana secara optimal
·Produktivitas pegawai
yang dapat terpantau melalui “Activity Plan” maupun “Schedule” lainnya
Weakness
·Ketersediaan dana
masih mengandalkan dari luar
Opportunity
·Masih terbukanya
kesempatan untuk menghasilkan tambahan profit melalui sumbangan baik dari orang
tua ataupun instansi terkait
Threat
·Pengelolaan profit
yang tidak tepat akan menimbulkan kerugian/defisit ataupun “high cost” yang
berlebihan
3.Customer
Satisfaction
strength
·Pemberian pelayanan
yang baik bagi siswa beserta orang tua/wali, baik oleh staf pengajar maupun non
pengajar
·Pemantauan terhadap
kepuasan siswa beserta orang tua/wali selalu terkontrol melalui kegiatan
evaluasi yang bersifat rutin
·Terciptanya situasi
yang kondusif antara siswa beserta orang tua/wali dengan staf pengajar maupun
non pengajar
Weakness
·Penurunan kualitas
pelayanan yang memungkinkan menimbulkan ketidak puasan konsumen
·Terbatasnya fasilitas
yang ada sehingga mempengaruhi terhadap tingkat kepuasan konsumen
Opportunity
·Disediakannya
fasilitas “Student Service” yang berfungsi untuk menampung dan memberikan
solusi terhadap keluhan siswa maupun orang tua/wali sehingga upaya untuk
memuaskan konsumen secara maksimal dapat tercapai
Threat
·Adanya sekolah
sejenis yang memiliki kelebihan dari segi sarana dan pra sarana
4.Management
Improvement
Strength
·“Job descriptions”
(pembagian tugas) yang jelas untuk setiap pegawai sehingga pelaksanaan kegiatan
mudah dan terkontrol
·Adanya perencanaan
kegiatan yang terjadwal untuk saat ini maupun masa datang
·Adanya koordinasi
yang bersifat rutin (kontinyu) antar pegawai sehingga memperlancar pelaksanaan
tugas
Weakness
·Ada beberapa staff
yang belum siap dengan perubahan di bidang pendidikan.
Opportunity
·Diberikan kesempatan
untuk pengembangan manajemen baik yang diselenggarakan pihak internal maupun
eksternal
Threath
·pola pikir staff yang
tidak mau atau tidak siap dengan perkembangan zaman di bidang pendidikan
5.Financial
Resources
Strength
·Kemampuan penghematan
dalam bidang operasional baik terhadap penggunaan sarana dan prasarana maupun
pendanaan lainnya
·Sistem angsuran
pembayaran uang pendidikan sekolah yang diwajibkan lunas sebelum masuk sekolah
membantu kestabilan program sekolah
Weakness
·Sumber dana pasti
yang hanya diperoleh dari satu sumber saja (uang masuk sekolah) dikhawatirkan
dapat mengganggu stabilitas program sekolah
Opportunity
·Masih terbukanya
peluang untuk menggali sumber dana dari sumber lain (sumbangan yang tidak
mengikat: orang tua, instansi terkait, Bank tempat tabungan anak disimpan)
Threat
·Adanya beberapa
sekolah yang mampu memberikan system pembayaran yang “berkesan” murah sehingga
menjadi daya tarik pasar tersendiri.
6.Human Resources
Development
Strength
·Adanya sarana untuk
mengembangkan kemampuan melalui kegiatan: studi banding, seminar, pelatihan
guru dan lain-lain
·Diberikan kebebasan
waktu bagi pegawai untuk mengembangkan diri dalam hal studi lanjut
Weakness
·Keterbatasan
kuantitas dan kualitas sumber daya manusia baik dari staf pengajar maupun non
pengajar
Opportunity
·Adanya peluang untuk
mengembangkan diri melalui kegiatan-kegiatan lain yang diselenggarakan baik
oleh internal maupun eksternal, misalnya: DEPAG, IGRA dan lembaga-lembaga
pengembangan lain
Threat
·Perpindahan tugas
mengajar bagi pengajar/staf yang memiliki kualitas
7.Social
Responsibilty
Strength
·Pemberian penghargaan
bagi siswa berprestasi
·Pemberian penghargaan
bagi guru berprestasi
·Pemberian pelatihan
yang bersifat sosial kepada guru di lembaga lain
·Pemberian bantuan
kepada lembaga-lembaga sosial yang membutuhkan
Weakness
·Belum meratanya
kesadaran yang maksimal untuk menjalankan kegiatan yang bersifat sosial
Opportunity
·Masih dibutuhkannya
kegiatan yang bersifat sosial bagi masyarakat luas terutama pihak-pihak yang
kurang mampu
·Jalinan kerjasama
yang telah dibina melalui kegiatan-kegiatan sosial ini akan mampu mendatangkan
peluang tersendiri bagi pihak sekolah
·Terciptanya kesan/image
sekolah yang baik di masyarakat mengenai sekolah melalui pelaksanaan kegiatan
sosial tersebut
Threat
·Menurunnya kesadaran
moral, perhatian dan tanggung jawab terhadap sesame akan menurunkan pelaksanaan
kegiatan yang bersifat sosial.
Bagi yang lagi melewati malam di Garut dengan suntuk and laperrr...coba aja jalan-jalan ke Jl. A. Yani no 137 dekat gang mesjid Al Hadi. Di sana kita bisa nyobain mie rebus ala mang Dadang. Cobain deh...muantapp.
Yang datang ke sana mulai dari yang jalan kaki, yang naik beca plus tukang becanya, yang naik motor sampe yang bermobil. Bahkan ada yang sampe bela-belain bungkus bawa ke rumah (gak kebayang dweh segimana mekarnya mie sampe di rumah...he..he...masalahnya ga doyan mie mekar)
Sebenarnya merek mienya sama seperti di pedagang mie rebus-mie rebus
lainnya...yang membedakannya di sambelnya, sekali lagi.. sambelnya!!(he..he..lebay) dan mungkin plus memasaknya yang sepenuh hati..daan tentu saja suasana malam di Garut. Apalagi kalo disuguhi air tehnya...hmm haruuum dengan panas yang pas dengan angin dingin udara Garut..Andai ga ada pelanggan lain yang nungguin n ga takut kemalaman, betah deh lama-lama di sana.